Monday, February 13, 2012

5 Kesalahan Dalam Mendidik Anak


Ini adalah salah satu permasalahan yang selalu saya hadapi setiap hari sebagai seorang ibu dari satu anak. Yaitu mendidik anak sehingga bisa tumbuh dan berkembang sehingga menjadi anak yang baik dan kebanggaan keluarga. Menjadi orang tua terutama Ibu, memang tidak mudah butuh perjuangan kesabaran dan pengorbanan dalam mendidik buah hati kita. Tapi, jika cara yang kita gunakan salah atau idak tepat, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi masa depan anak kita.

Kasih sayang dan perhatian kita sebagai orang tua senantiasa kita curahkan untuk buah hati kita. Tapi ternyata tanpa kita sadari sikap dan cara didik kepada buah hati kita, justru menyebabkan anak kita merasa stress dan tertekan. Terkadang jika terlalu memanjakan mereka, bisa berakibat tidak baik juga untuk perkembangan anak kita.

Untuk tambahan wawasan dan pengetahuan bagi para orang tua, berikut ini saya paparkan 5 Kesalahan Dalam Mendidik Si Buah Hati seperti yang dikutip dari Times of India dan dipublikasikan ulang oleh id.she.yahoo.com

Tidak ada waktu 
Sebagai orang tua mungkin kita jarang bahkan tidak menyediakan waktu untuk ana kita. Setidaknya menanyakan kegiatan apa yang dilakukannya disekolah atau pertanyaan-pertanyaan ringan lainnya. Jalinan komunikasi antara orang tua dan anak itu sangat penting, karena jika anak kita menghadapi masalah maka mereka akan menceritakannya kepada kita sebagai orang tua, dan permasalahan yang mereka hadapi akan segera teratasi.

Terlalu royal memberi hadiah
Setiap orang tua pasti ingin membahagiakan anak-anaknya, baik dengan menuruti keinginan si anak atau dengan memberikan hadiah. Tetapi sebaiknya hindari kebiasaan memberi hadiah terlalu banyak, apalagi jika tidak dibarengi dan didukung dengan prestasi yang diraih anak kita di sekolah atau yang lainnya. Berikanlah pengertian kepada anak kita ketika memberikan hadiah, supaya mereka mengerti dan tidak melupakan kewajiban mereka untuk melakukan yang terbaik, seperti berprestasi di sekolahnya.

Membanding-bandingkan
Kita terkadang suka membanding-bandingkan anak kita dengan saudaranya atau anak lain. Sebaiknya hindari hal demikian, karena akan menyebabkan anak kita tertekan dan merasa tidak layak. Kita sebagai orang tua juga harus sadar bahwa setiap anak memiliki potensi, kelebihan, dan kemampuan yang berbeda-beda. Berilah motivasi dan dukungan yang tepat dan apa adanya.

Terlalu dibebani
Anak juga butuh istirahat dan melepaskan rasa lelah dan jemu. Seperti kegiatan sekolah, les dan lainnya adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga, pikiran dan membebani mereka. Jadi berikanlah waktu bagi mereka untuk bermain, menyalurkan hobi, berolahraga, mendengarkan musik, bahkan untuk tidur.

Terlalu menuntut
Banyak kejadian yang bisa membebani anak kita, seperti halnya Ujian Sekolah. Dan akan semakin terbebani ketika anda menuntut anak anda untuk mendapatkan nilai bagus. Kondisi seperti ini bisa membuat anak kita semakin tertekan dan stress. Mungkin seharusnya, yakinkan anak kita dan motivasi mereka bahwa nilai jelek bukan akhir dari segalanya, karena masih banyak kesempatan lain.

Mungkin inilah yang bisa saya paparkan 5 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan bagi kita sebagai orang tua.

Semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment